\ Model Computer Assisted Instruction (CAI) tipe Game | faiz-s4n.blogspot.co.id ~ Faiz-s4n.blogspot.com
faiz-s4n.blogspot.com

Model Computer Assisted Instruction (CAI) tipe Game | faiz-s4n.blogspot.co.id


             Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) adalah suatu program pembelajaran atau pengajaran yang diakses melalui komputer sehingga pemakai dapat berinteraksi dengan komputer. Perangkat lunak dalam pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) ini disamping bisa dimanfaatkan sebagai fungsi pembelajaran berbasis komputer, juga bisa dimanfaatkan sebagai sistem pembelajaran individual (Individual Learning). Oleh karena itu, pengembangan Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) harus mempertimbangkan prinsip-prinsip belajar, prinsip-prinsip perencanaan sistem pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran individual (Individual Learning).
             Game merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuan Game adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas-fasilitas belajar untuk menambahkan kemampuan siswa melalui bentuk permainan yang mendidik. Strategi pembelajaran yang di desain dalam bentuk permainan yang disajikan melalui simulasi-simulasi tertentu agar peserta didik mampu menerapkan semua pengalaman belajarnya dalam menyelesaikan masalah yang dimaksud.
Adapun sintak-sintak atau proses pembuatan model pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) tipe Game adalah sebagai berikut :

1) Pendahuluan 
            a)        Judul program : merupakan bagian penting untuk memberikan informasi kepada siswa 
                     tentang apa yang akan dipelajari dan disajikan dalam program permainan. 
            b)        Tujuan : berupa pemberitahuan kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai dari 
                     program Game yang dibuat. 
            c)        Aturan : berisi pemberian informasi tentang aturan yang terdapat dalam program yang 
                    dibuat. 
            d)       Petunjuk permainan : menginformasikan setiap tindakan yang harus dilakukan, dan 
                    bagaimana game tersebut dioperasikan.

2) Kerangka
    Berisi tentang komponen-komponen yang terdapat dalam program, seperti bentuk-bentuk kegiatan 
    yang akan dilalui melalui program tersebut, evaluasi seperti apa disajikan, memberikan tantangan 
    terhadap pemain dengan berbagai cara, menentukan kesempatan, menentukan kekalahan dan 
    kemenangan, serta memberikan informasi yang sesuai dengan materi yang digunakan.  

3) Penutup
    Dalam penutup ini, pemain dihadapkan pada dua pilihan yaitu memilih untuk melanjutkan 
    permainan atau mengakhiri permainan.
 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment