\ WISATA KOTA PONTIANAK [ KALBAR ] YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI ~ Faiz-s4n.blogspot.com
faiz-s4n.blogspot.com

WISATA KOTA PONTIANAK [ KALBAR ] YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI


Hai, Kali ini saya akan men-share tentang tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau sedang berada di Pontianak dan sekitarnya :)

Pontianak merupakan Kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat ini memang memiliki objek wisata yang keren. Bukan hanya itu, kota yang satu ini juga dilintasi oleh garis imajener yang membelah bumi menjadi 2 bagian, yaitu bagian utara dan selatan. Dan oleh sebab itu pemerintah pun membangun tugu katulistiwa di Pontianak.
Kota Pontianak juga dikenal dengan Kapuasnya. Salah satu sungai terpanjang di Indonesia ini memang menjadi ikon kota yang satu ini. Tapi diluar itu semua, Pontianak sendiri memiliki objek wisata yang keren dan pantang kamu coret dari buku liburanmu, seperti:

Wisata Alam Di Pontianak

1. Sinka Island Park
Sinka Island Park
Tempat wisata disekitar Pontianak ini memiliki beragam tempat asyik dan keren, seperti kebun binatang, pantai, dan pulau yang indah. Untuk kebun binatang sendiri, Sinka Island Park memiliki sedikitnya 62 spesies binatang, dengan biaya masuk ke kebun binatang sekitar Rp 10.000,- per orang. Objek wisata yang satu ini terletak di Kab. Singkawang Kalimantan Barat.
2. Taman Bukit Bougenville
Taman Bukit Bougenville
Taman yang satu ini terletak di Desa Sijangkung, Singkawang. Disini kamu bisa menikmati suasan taman yang sejuk, hijau, dan indah. Ditambah perpaduan bunga Bougenville yang keren, liburan kamu disini pun akan sangat menyenangkan. Taman Bukit Bougenville sendiri memiliki sekitar 46 jenis bunga Bougenville, baik itu dari dalam maupun luar negeri.
3. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Tempat Wisata keren di dekat Pontianak ini memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Pasalnya, jika dibandingkan dengan pantai di Kalimantan lainnya, pantai yang satu ini cenderung lebih terawat dan bersih. Disamping itu, pemandangan di pantai ini pun sangatlah bagus.
Dengan pasir yang putih, air yang cukup bersih, dan udara yang segar, pantai ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi alternatif bersama keluarga. Karena selain keren, biaya masuk pantai yang hanya Rp 10.000,- per orang pun menjadi daya tarik tersendirii karena murah.
4. Air Terjun Tikalong
Air Terjun Tikalong
Letaknya di Kec. Karangan – kabupaten Landak. Jika dari Pontianak, kamu hanya membutuhkan sedikitnya 3.5 jam perjalanan untuk sampai ke objek wisata yang satu ini. Akses menuju air terjun cantik ini terkesan mudah dan gampang, karena kamu hanya perlu melalui jalan yang menuju Sui dan Mandor. Setelah sampai di daerah Mandor, kamu bisa melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam, setelah itu barulah sampai di air terjun ini.
5. Aloe Vera Centre
Aloe Vera Centre
Tempat wisata di dekat Pontianak ini memiliki beragam jenis aloe vera atau yang biasa disebut lidah buaya. Disini, kamu bisa menyaksikan budidaya dan pengolahan lidah buaya menjadi beberapa produk, baik itu produk kecantikan atau pun produk makanan.
Tidak hanya itu, di taman yang terletak di Jalan Budi Utomo Pontianak Utara ini memiliki lidah buaya dengan ukuran raksasa. Karena tiap pelepah dari tanaman yang satu ini memiliki berat sekitar 2,1 kg.
6. Bukit Penjamur Bengkayang
Bukit Penjamur Bengkayang
Bukit yang bisa ditempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Pontianak ini memiliki pemandangan serupa Gunung Semeru. Pasalnya, jika kamu kesini, kamu akan menyaksinakan lautan awan yang cantik dan indah. Hal tersebut terjadi karena letak tempat wisata di Pontianak ini berada di ketinggian 900 mdpl, jadi sangat mungkin untuk melihat lautan awan disini.
7. Hutan Kota Untan
Hutan Kota Untan
Hutan yang satu ini berbeda dengan kebanyakan hutan di Kalimantan lainnya. Pasalnya, Hutan Untan sendiri terletak di dalam kota, atau lebih tepatnya di dekat Jalan Jenderal Ahmad Yani Pontianak.
Disini kamu bisa menyaksikan beragam tanaman liar dan beberapa jenis anggrek dan kantung semar yang cantik. Hutan kota Untan sendiri difungsikan sebagai tempat pengembangan pendidikan, paru-paru kota, dan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Wisata Budaya dan Sejarah di Pontianak

8. Museum Negeri Kalbar
Museum Negeri Kalbar
Tempat wisata sejarah di Pontianak ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Disana kamu akan menyaksikan beragam koleksi menarik tentang kebudayaan dan peradapan di Kota Pontianak dan sekitarnya. Tarif terakhir untuk masuk ke museum Kalbar sendiri sangatlah murah karena hanya sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 3.000,- per orang.
9. Keraton Kesultanan Kadriah
Keraton Kesultanan Kadriah
Kesultanan ini terletak di Kampong Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Pontianak. Disana kamu bisa menemui beragam peninggalan Sultan Syarief Abdurrohman yang masih terjaga hingga sekarang. Oya, perlu kamu tahu, keraton yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1771 M. Kendati demikian, tempat wisata di Pontianak yang bersejarah ini masih tetap terjaga dan terawat dengan baik.
10. Tugu Katulistiwa
Tugu Katulistiwa
Tugu Kaltulistiwa sendiri berjarak 3 km dari pusat kota. Kendati hanya terbuat dari semuah tiang, bangunan, dan beberapa ornamen lain, namun tugu yang satu ini menjadi kebanggaan warga Pontianak. Oya, disini juga terdapat toko oleh-oleh yang menjual segala pernak-pernik tugu ini. Tapi jika kamu ingin mendapatkan sertifikat atas kunjungan ke Tugu Katulistiwa, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000,-.
11. Kota Singkawang
Kota Singkawang
Dibandingkan dengan kota-kota yang lain, Kota Singkawang memiliki keunikan yang khas dan tidak dimiliki oleh kota lainnya. Pasalnya, di kota ini kamu akan melihat sebuah kota dengan penduduk Tionghoa yang melimpah.
Bukan Cuma itu, di kota wisata yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam dari Pontianak ini, kamu juga akan melihat bahasa Indonesia, Melayu, dan Bahasa Tionghoa menjadi satu. Hal tersebut terjadi karena bahasa Tionghoa disini adalah bahasa lumrah untuk warga Singkwang. Selain itu, disini juga banyak dijumpai pernak pernik Tionghoa, dari mulai toko, sampai Vihara.
12. Tugu Bambu Runcing
Tugu Bambu Runcing
Tugu ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak. Menurut sejarah, tuju ini memang sengaja dibangung untuk mengenang perjuangan kemerdekaan warga Pontianak. Disamping itu, tugu yang memiliki 11 buah bambu runcing dengan ujung yang mengarah ke atas.
13. Rumah Betang
Rumah Betang
Tempat wisata di Pontianak ini adalah replika dari rumah adat Dayak di Kalimantan Barat. Bangunan rumah ini memiliki panjang 138 m, tinggi 7 m, dan lebar 5 m. Rumah panggung ini dibuat untuk melestarikan bangunan adat khas dayak. Oya, bangunan yang satu ini terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak.

Wisata Religi di Pontianak

14. Masjid Jami Pontianak
Masjid Jami Pontianak
Masjid ini terletak di Kampong Dalam Bugis, Pontianak Timur, Pontianak. Bangunan masjid ini adalah bagian dari Keraton kadariyah dan dibangun oleh Sultan Syarief Abdurrohman. Dan sekarang telah menjadi bagian dari tempat wisata di Pontianak bagi kamu yang suka berwisata religi. Oya, perlu kamu tahu, masjid ini biasanya dapat menampung kurang lebih 1.500 jemaah. Dan untuk menghindarkan masjid ini dari bencana banjir, Sultan Syarief Abdurrohman selaku pendiri bangunan ini pun membuat konsep rumah panggung.
15. Vihara Bodhisattva Karaniya Metta
Vihara Bodhisattva Karaniya Metta
Vihara yang satu ini terletak di Kelurahan Darat Kedip, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Vihara Bodhidatva Karaniya Metta sendiri terkernal sebagai salah satu vihara tertua, karena dibangun sekitar 1645-1772 M. Oya, jika kamu tempat wisata Pontianak ini, kamu akan menemukan tempat peribadatan dan beberapa relief khas vihara yang unik dan cantik.

Tempat Wisata Buatan di Pontianak

16. Taman Alun-Alun Kapuas
Taman Alun-Alun Kapuas
Taman yang satu ini adalah terletak di tepi Sungai Kapuas, Pontianak. Disini kamu bisa menimati keindahan desain taman yang cantik dan unik. Denga luas 3 hektar dan terletak di pusat Kota Pontianak, taman yang satu ini menjadi alternatif wisata untuk warga Pontianak, terutama kaum muda-mudi yang sudah kekinian. Karena selain murah meriah, taman ini juga mudah dijangkau karena dekat dengan pusat kota.
Berhubung semua kota-kota yang ada di Pulau Kalimantan memiliki beberapa perbedaan soal harga. Jadi, jika kamu berasal dari daerah Jawa, atau luar kalimantan, sebagiknya menyiapkan budget lebih untuk mengantisipasi harga barang-barang yang sedikit mahal. Selamat menikmati tempat wisata di Pontianak dan sekitarnya!


Sumber : http://pariwisataindo.com/2016/tempat-wisata-di-pontianak/ 

 
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
admin
admin
5 March 2018 at 04:11 ×

7 tempat wisata di Malang dan sekitarnya

http://tripelberita.blogspot.co.id/2018/03/7-tempat-wisata-di-malang-dan.html

Reply
avatar
InTips
admin
31 August 2018 at 00:06 ×

wow ternyata pontianak memiliki tempat wisata yang keren. terima kasih artikelnya bagus sekali.
tempat wisata di lembang

Reply
avatar
19 December 2018 at 01:32 ×

mantap bro... lanjutkan....
rental mobil di pontianak dan sekitarnya

rental mobil

Reply
avatar
Thanks for your comment