KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, dan
karunia-Nya lah sehingga pelaksanaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak di SMPN 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah dapat
terlaksana dengan baik dan penulisan laporan ini dapat diselesaikan.
Penulisan
laporan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) yang merupakan program
IKIP-PGRI Pontianak yang tahun ini dikenal dengan KKM-PPL TERPADU. Kami sebagai
Mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak dengan ini bermaksud ingin memberikan informasi
atau gambaran umum tentang hasil pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir yang akan digunakan sebagai prasyarat untuk melengkapi
tugas mata kuliah Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL).
Dalam
kegiatan ini, bantuan dan bimbingan yang telah kami dapatkan dari berbagai
pihak merupakan hal yang berharga. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih
kepada :
1.
Prof. Dr. H. Samion
A.R, M.Pd selaku ketua IKIP-PGRI Pontianak.
2.
Zusyah Porja Daryanto,
S.Pd, M.or Selaku Ketua Koordinator Pembimbing KKM dan PPL Kabupaten Mempawah.
3.
Seluruh Dosen Pembimbing dari masing-masing Program
Studi
4.
Gunawan Mardiyono,S.Pd
selaku kepala SMP Negeri 1 Mempawah Hilir yang telah memberikan izin pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Mempawah
Hilir
5.
Seluruh guru pamong dan dewan guru
dari masing-masing mata
pelajaran di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
6.
Bapak/Ibu Guru serta
staf Tata Usaha SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
7.
Rekan-rekan Mahasiswa/i
PPL di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
8.
Siswa/i SMP Negeri 1
Mempawah Hilir.
9.
Orang tua dan keluarga
yang selalu mendukung serta berbagai pihak yang selalu memberikan bantuan dan
motivasi selama pelaksanaan KKM-PPL Terpadu ini.
Kami
menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan dan ketidak sempurnaan dalam
penulisan laporan kelompok PPL ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan
kritik dan saran yang tentunya dapat menyempurnakan penulisan laporan kelompok Praktek
Pengalaman Lapangan ini.
Mempawah,
8 Januari 2016
Ketua
Kelompok PPL
Rifaldy
Faisal Rukmana
NIM.
611200296
DEWIT BARCES
NIM :231000394
|
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK PENGALAMAN
LAPANGAN
DI SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR
KABUPATEN MEMPAWAH
TAHUN 2015/2016
Ketua Kelompok
RIFALDY FAISAL RUKMANA
NIM
: 611200296
Mengetahui,
Koordinator PPL
Kab. Mempawah Koordinator Pamong PPL
Zusyah Porja Daryanto, S.Pd, M.Or H.M.Ridwan
Siregar, S.Pd
NPP. 202 2011 163 NIP. 19570903
198302 1 003
PLT. Kepala SMP Negeri 1 Mempawah
Hilir
H.M.Ridwan Siregar, S.Pd
NIP. 19570903
198302 1 003
|
Ketua P3G
Idham Azwar, M.Pd
NPP. 20022005022
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
SMP Negeri 1 Mempawah merupakan
salah satu Sekolah Menengah Pertama yang berdiri sejak tahun 1954. Sekolah ini
belum mengalami perubahan yang berarti, bahkan dari tahun ke tahun semakin
terpuruk kondisinya meskipun mutu sekolah yang tidak diragukan lagi dengan
persentase kelulusan siswa yang semakin mengalami peningkatan.
Pada pertengahan bulan april
2015, gedung SMPN 1 Mempawah Hilir di renovasi total, baik dari segi bangunan
maupun denah lokalnya. Sehingga proses belajar mengajar selama 1 semester
(ganjil) dialihkan ke SDN 08 Mempawah Hilir dan SDN 02 Mempawah Hilir di jalan
Raden Kusno, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, sampai menunggu
renovasi gedung yang baru selesai dibangun. Namun ruang untuk Kepala Sekolah, Tata Usaha, Perpustakaan dan
Laboratorium masih dipusatkan di gedung utama sekolah yang lama.
Dilihat
dari letak bangunannya, SMP Negeri 1 Mempawah Hilir berlokasi di Jl. Gusti
Abdul Hamid kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.
a. Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Mempawah
Hilir
b. No. Statistik Sekolah : 20 1 13 02 04 001
c. Nomor Pokok Sekolah Nasional :
69787962
d. Tanggal
Pendirian/Pembukaan : 1 Agustus 1954 / oleh Yayasan
Pembangunan
Mempawah (Status Swasta)
e. Tanggal dan No. SK Penegerian :
9 September 1958 SK No.
36/SK/III/1958
f. Status Tanah/Gedung : Milik Pemerintah Daerah
Kabupaten Mempawah
g. Luas Tanah / Bangunan : 2890 M2 / 1123 M2
h. Alamat Sekolah : Jalan Gusti Abdul Hamid Mempawah
:
Kecamatan Mempawah Hilir
:
Rt.15 Rw. 08
:
Kabupaten Mempawah
: Propinsi
Kalimantan Barat
i. Telepon/HP/Fax : (0561) 691064 / HP 081345510988
k. Kode Pos : 78912
l. Status Sekolah : Negeri
m. Bentuk Sekolah : Biasa
n. Waktu Penyelenggaraan : Siang
o. Nilai Akreditasi Sekolah : B (Akreditasi Tahun 2013)
2.
Gedung Sekolah
Saat ini gedung sekolah dalam proses renovasi total dikarenakan bangunan
sekolah sebelumnya sudah sangat memerlukan perbaikan. Gedung SMP Negeri 1
Mempawah Hilir yang baru akan di
resmikan pada pertengahan bulan januari 2016
1.
Visi
Sekolah
“UNGGUL
DALAM PRESTASI BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA”
Indikator :
· Berorientasi ke depan dengan
memperhatikan potensi kekinian
· Sesuai
dengan norma dan harapan masyarakat
· Ingin
mencapai keunggulan dan prestasi
· Mendorong
semangat dan komitmen seluruh warga sekolah.
· Mendorong
adanya perubahan yang lebih baik
· Mengarahkan
langkah-langkah strategis (misi) sekolah.
· Meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa ( untuk poin a ) nilai
religius.
2.
Misi Sekolah
”DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB,
JUJUR DALAM BEKERJA SAMA UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA MELALUI MANAJEMEN
KEKELUARGAAN DAN MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN DARI SEGALA PENYALAHGUNAAN NARKOBA”
Penjabaran Misi di atas meliputi :
·
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif,
kreatif, menyenangkan dan kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
·
Menumbuhkan semangat berprestasi secara intensif dan
bernalar sehat kepada para peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan
kuat untuk terus maju dan berkembang.
·
Meningkatkan komitmen seluruh tenaga pendidik dan kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya. (nilai disiplin)
·
Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali
potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
·
Menumbuhkan dan mendorong kegiatan dalam penerapan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga.
·
Mengarahkan siswa menguasai ajaran agama yang dianut dan
budaya bangsa untuk menumbuhkan perilaku arif sehingga terbangun siswa yang
kompeten dan berakhlak mulia. (nilai religius)
·
Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi,
berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. (nilai religius)
·
Meningkatkan komitmen seluruh
warga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mencegah dan menhindari
narkoba dan obat terlarang lainnya.
·
Memberikan pengarahan dan
sosialisasi kepada peserta didik untuk menjauhi serta menghindari narkoba dan obat terlarang lainnya.
1.
Profil
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mempawah Hilir
Nama : Gunawan Mardiyono, S.Pd
NIP
: 19650310 198502 1 005
Jenis
Kelamin : Laki-laki
TTL
:
Teras, 10 Maret 1965
Jabatan
: Kepala SMP Negeri 1 mempawah
Kabupaten Mempawah
Pangkat
/ Golongan : Pembina / IV A
Pendidikan
Terakhir : Sarjana Pendidikan
Jurusan : S-1 Bahasa Inggris
2.
Dewan
Guru
Selain Kepala Sekolah, pendidik dan
tenaga kependidikan lainnya seperti guru juga merupakan ujung tombak dalam
penyelenggaraan proses pendidikan.
Pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan
sosial, dan tenaga kependidikan yang profesional merupakan prasyarat mutlak
dalam menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dan bermartabat. Adapun
daftar guru SMP Negeri 1 Mempawah Hilir tahun pelajaran 2015/2016 dapat dilihat
pada Tabel berikut :
Tabel
1.1
Daftar
Guru SMPN 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Mengajar Mata Pelajaran
|
1
|
Gunawan Mardiyono, S.Pd
|
Kepala Sekolah
|
Bahasa Inggris
|
2
|
H. M. Ridwan Siregar, S.Pd
|
PLT. Kepala Sekolah
|
IPS
|
3
|
Wiryawan, S.Pd
|
Waka Kurikulum
|
Matematika
|
4
|
Sudirman I, A.Md
|
Kepala Lab. IPA
|
IPA / Fisika
|
6
|
Hardiana, S.Pd
|
Kepala Perpustakaan
|
B.Indonesia
|
5
|
Hj. Rosa Delima
|
Guru
|
IPS
|
6
|
Murjani, S.Pd
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
7
|
Ruslan
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
Wasibah Arifan
|
Guru
|
IPS
|
9
|
Ratna
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
10
|
Zulbaedah, S.Pd
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
11
|
Yuni Arni, S.Pd
|
Guru
|
IPA/ Biologi
|
12
|
T. Endang Nurhayati, S.Pd.K
|
Guru
|
Pnd.Agm Katolik / Mulok
|
13
|
Sri Hartuti, S.Pd
|
Guru
|
Seni Budaya
|
14
|
Etty Eswar, S.Pd
|
Guru
|
Matematika
|
15
|
Wenda Friyanti, SP
|
Guru
|
IPA/ Fisika
|
16
|
Golda Meyr, SH
|
Guru
|
PKn
|
17
|
Ika Moralitia K, S.Pd
|
Guru
|
PKn
|
18
|
Erna Wahyuningsih, S.Pd
|
Guru
|
Penjas
|
19
|
Hj. Nani Siti R, BA
|
Guru
|
Pnd.Agama Islam
|
20
|
Edy Fahrulian, A.Md
|
Guru
|
Bahasa Inggris/TIK
|
21
|
DG. Arie SK, S.Pd
|
Guru
|
TIK / BK
|
22
|
Sumarni, S.Ag
|
Guru
|
Pnd.Agama Budha
|
23
|
Ruben Israel Refo, S.Pd
|
Guru
|
Pnd.Agama Katolik
|
24
|
Syahroni, S.Pd
|
Guru
|
Penjas
|
25
|
Bella S
|
Guru
|
Bahasa Indonesia
|
3.
Tata
usaha
Tata
usaha merupakan bagian dari unit pelaksanaan teknis penyelenggaraan sistem
administrasi dan informasi pendidikan. Berikut ini adalah daftar staf tata
usaha SMP Negeri 1 Mempawah Hilir tahun pelajaran 2015/2016 dapat dilihat pada
Tabel 2.3 berikut:
Tabel 1.2
Daftar Nama Staf
TU SMP N 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Hj. Mursyahwana
|
Kepala Tata Usaha
|
2
|
Gusti Zulkarnain
|
Pegawai
Tata Usaha
|
3
|
Raduan
|
Pegawai
Tata Usaha
|
4
|
Sutrisno
|
Operator
Sekolah
|
5
|
Eddy Farulian. S, A.Md
|
PTT
|
6
|
Renny Herlina
|
Pegawai
Tata Usaha
|
7
|
Ricky Ardiansyah
|
Pegawai
Perpustakaan
|
8
|
Hayati, S.Pd
|
Pegawai
Tata Usaha
|
9
|
Iskandar
|
Pesuruh
|
10
|
Surya Jaya
|
Penjaga
Malam
|
11
|
Gusti Rizal Amarta
|
Tukang
Kebun
|
4. Siswa
– Siswi
Siswa pada hakikatnya
merupakan subjek pendidikan yang sama
vitalnya dengan pendidik sebagai pembangun dari sebuah sistem pendidikan itu
sendiri. SMP Negeri 1 Mempawah Hilir setiap tahunnya melakukan beberapa prinsip
penerimaan siswa yang akan mengikuti proses pendidikan menengah di sekolah ini
dengan beberapa syarat yang harus di penuhi oleh calon siswa yang akan
mendaftar. SMP Negeri 1 Mempawah Hilir menerima siswa hampir merata setiap
tahun, hal ini bisa dilihat dari Tabel 2.3 berikut yang mengambarkan kedaan
siswa SMP Negeri 1 Mempawah Hilir dari Kelas VII, VIII dan IX tahun
pembelajaran 2015/2016.
Tabel 1.3
Data Siswa SMP Negeri 1
Mempawah Hilir 2015/2016
No
|
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
1
|
VII A
|
28
|
2
|
VII B
|
28
|
3
|
VII C
|
28
|
4
|
VII D
|
28
|
5
|
VII E
|
28
|
6
|
VIII A
|
25
|
7
|
VIII B
|
24
|
8
|
VIII C
|
24
|
9
|
VIII D
|
24
|
10
|
IX A
|
32
|
11
|
IX B
|
32
|
12
|
IX C
|
32
|
13
|
IX D
|
32
|
Jumlah
|
365
|
5.
Sarana
dan Prasarana
Tanah
tempat berdirinya sekolah sepenuhnya milik pemerintah daerah Kabupaten Mempawah.
Berikut tabel Keadaan gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir :
Tabel 1.4
Keadaan Gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
|
Ruang
|
Jumlah
|
1
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1 Ruang
|
2
|
Ruang Wakil Kepala Sekolah
|
1 Ruang
|
3
|
Ruang Tata Usaha
|
1 Ruang
|
4
|
Ruang Dewan Guru
|
1 Ruang
|
5
|
Ruang BP/BK
|
1 Ruang
|
6
|
Ruang Tamu
|
1 Ruang
|
7
|
Ruang Kelas
a.
Kelas VII
b.
Kelas VIII
c.
Kelas IX
|
5 Ruang
4 Ruang
4 Ruang
|
8
|
Ruang Perpustakaan
|
1 Ruang
|
9
|
Ruang Lab. Komputer
|
1 Ruang
|
10
|
Ruang Lab. Bahasa
|
1 Ruang
|
11
|
Ruang Lab. IPA
|
1 Ruang
|
14
|
Ruang UKS
|
1 Ruang
|
15
|
Ruang OSIS
|
1 Ruang
|
16
|
Ruang UPM
|
1 Ruang
|
17
|
Ruang Media
|
1 Ruang
|
16
|
Lapangan Voly
|
2 Buah
|
17
|
Lapangan Bulu Tangkis
|
1 Buah
|
18
|
Lapangan Basket
|
1 Buah
|
19
|
Lapangan Takraw
|
1 Buah
|
20
|
Toilet
a.
Guru
b.
Siswa
|
1 Buah
3 Buah
|
21
|
Parkir:
a.
Guru
b.
Siswa
|
1 Buah
1 Buah
|
Secara
umum kondisi fisik kelas yang ada di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir adalah sebagai
berikut:
1. Meja
dan kursi cukup dan dalam kondisi yang layak pakai.
2. Meja
dan kursi guru cukup dan dalam kondisi yang layak pakai.
3. Tersedia
tempat cuci tangan dan sapu / lap tangan.
4. Whiteboard,
Spidol dan penghapus dalam kondisi yang baik.
5. Tiap
kelas memiliki lampu penerang.
6. Tiap
kelas Memiliki 2 kipas angin.
7. Setiap
kelas memiliki struktur kelas.
8. Kelas
memiliki daftar absensi dan jurnal.
9. Tiap
kelas memiliki tong sampah.
BAB II
KURIKULUM DAN PELAKSANAANNYA
Kurikulum
merupakan pedoman untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. SMP Negri 1 Mempawah
Hilir
masih menggunakan kurikulum
KTSP 2006. Dengan berlangsungnya
kurikulum tersebut maka semua
Mata Pelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
B. Bidang Studi dan Pelaksanaannya
1. Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pada
pelaksanaan kegiatan mengajar pada bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar
dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing dan mandiri
oleh guru pamong dengan terjadwal, khususnya untuk prodi TIK
dari IKIP-PGRI
Pontianak dengan 1 (satu) orang
mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara terbimbing selama 3
kali pertemuan, pada kelas VIII A, VII D dan VII B.
Sebelum melakukan kegiatan mengajar yang telah di jadwalkan, terlebih dahulu
mahasiswa PPL melakukan orientasi kelas yang dimana
kegiatan orietasi kelas ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang
suasana belajar, dan memberikan contoh kepada mahasiswa cara mengajar yang baik
dan benar, baik dari hal yang bersangkutan dengan tutur kata maupun kesiapan
materi.
Tabel 2.1
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Terbimbing TIK
:
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa
/ 8 September 2015
|
VIII A
|
Menu dan Ikon
|
2
|
Rabu
/ 9 September 2015
|
VII D
|
Peralatan TIK
|
3
|
Kamis
/ 10 September 2015
|
VII B
|
Menu dan Ikon
|
Setelah melakukan
Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan mandiri. Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa
kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i
dalam menguasai kelas. Adapun latihan mengajar
mandiri yang telah dilaksanakan yaitu sebanyak 7 kali dan dipaparkan dalam
tabel di bawah ini:
Tabel 2.2
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Mandiri TIK :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Senin/
14 September 2015
|
VII A
|
Komputer dan
Internet
|
2
|
Selasa
/ 22 September 2015
|
VIII C
|
Fungsi Menu
dan Ikon
|
3
|
Kamis
/ 1 Oktober 2015
|
VII E
|
Sejarah
Perkembangan. TIK
|
4
|
Selasa
/ 20 Oktober 2015
|
VIII A
|
Membuat
Dokumen
|
5
|
Senin
/ 17 November 2015
|
VIII B
|
Mengatur
Format Halaman
|
6
|
Selasa
/ 1 Desember 2015
|
VII A
|
Dampak Negatif
TIK
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa,
pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu
syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi
materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya. Pada proses
penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama melaksanakan
proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG). Adapun jadwal Ujian praktek mengajar adalah
sebagai berikut :
Tabel 2.3
Jadwal Ujian
Praktek Mengajar TIK
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa
/ 17 November 2015
|
VIII A
|
Membuat
Dokumen Sederhana
|
2. Bidang Studi IPS Terpadu (Geografi)
Dalam proses
sebelum melakukan kegiatan mengajar, mahasiswa Geografi di tuntut untuk
mempelajari mata pelajaran IPS Terpadu. Hal di karenakan mata pelajaran
Geografi belum tersedia untuk jenjang SMP.
Pada
pelaksanaan kegiatan mengajar bidang studi IPS Terpadu,
mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang
dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal, khususnya untuk
prodi Geografi dari IKIP-PGRI
Pontianak dengan 1 (satu) orang
mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara terbimbing selama 3
kali pertemuan, pada kelas VIII B, VIII A, VIII A.
Sebelum melakukan kegiatan mengajar yang telah di jadwalkan, terlebih dahulu
mahasiswa PPL melakukan orientasi kelas yang dimana
kegiatan orietasi kelas ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang
suasana belajar, dan memberikan contoh kepada mahasiswa cara mengajar yang baik
dan benar, baik dari hal yang bersangkutan dengan tutur kata maupun kesiapan
materi.
Adapun jadwal
pembelajaran terbimbing dalam kegiatan PPL yang diberikan adalah sebagai
berikut:
Tabel 2.4
Jadwal
Pelaksanaan Mengajar Terbimbing IPS :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Rabu / 16 September 2015
|
VIII B
|
Proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat
|
2
|
Kamis / 29 September 2015
|
VIII A
|
Bentuk-bentuk
perlawanan dalam menentang kolonialisme barat indonesia di berbagai daerah
|
3
|
Kamis / 02 Oktober 2015
|
VIII A
|
Munculnya
pergerakan kebangsaan
|
Setelah
melakukan Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan
mandiri. Latihan mengajar
mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini
untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas. Adapun latihan mengajar
mandiri yang telah dilaksanakan yaitu sebanyak 3 kali dan dipaparkan dalam
tabel di bawah ini:
Tabel 2.5
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Mandiri IPS :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa / 11 November 2015
|
VIII D
|
Penyimpangan
sosial di keluarga dan masyarakat
|
2
|
Selasa / 17 November 2015
|
VIII D
|
Upaya
pencegahan penyimpangan sosial
|
3
|
Kamis / 20 November 2015
|
VIII A
|
Sikap
terhadap prilaku penyiampangan sosial
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara
langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu
syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi
materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada
proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama
melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja
Guru (APKG).
Tabel 2.6
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar IPS :
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa / 17 November 2015
|
VIII C
|
Faktor-faktor
yang menyebabkan kebutuhan manusia yang beraneka ragam
|
3. Bidang Studi Bahasa Inggris
Pada
pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan
kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong
dengan terjadwal.
Adapun
kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di
bawah ini:
Tabel 2.7
Jadwal
Pelaksanaan Mengajar Terbimbing B.Inggris :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa
/ 8 September 2015
|
VII A
|
Name card and greeting card
|
2
|
Jumat / 11 Sepember 2015
|
VII B
|
Announcement
|
3
|
Senin / 14 September 2015
|
VII D
|
schedule
|
Setelah
melakukan Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan
mandiri. Latihan mengajar
mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini
untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas.
Adapun
latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah
ini:
Tabel 2.8
Jadwal
Pelaksanaan Mengajar Mandiri B.Inggris :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa/ 15 September 2015
|
VII A,B,C
|
Greetings
and introduction expressions
|
2
|
Senin / 21 September 2015
|
VII D
|
Short
functional texts: spoken instructions and warning
|
3
|
Jumat / 2 Oktober 2015
|
VII A.B
|
Cardinal
number and ordinal number
|
4
|
Senin / 19 Oktober 2015
|
VII D
|
Parts
of body
|
5
|
Jumat / 20 November 2015
|
VIIA,B
|
Short
functional texts: spoken and written cautions
|
6
|
Selasa
/ 1 Desember 2015
|
VII A,B,C
|
Announcement
and short messages
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara
langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu
syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi
materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada
proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama
melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja
Guru (APKG).
Tabel 2.9
Jadwal
Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar B.Inggris :
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa / 17 November 2015
|
VII A
|
Description About People
|
Pada
pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan
kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong
dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing
adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan
mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal
bulan agustus 2015. Mahasiswa/i
PPL mengadakan praktek, yaitu
dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i
PPL untuk mengetahui
kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam melakukan pembelajaran.
Adapun
kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di
bawah ini:
Tabel 2.10
Jadwal
Pelaksanaan Latihan Mengajar Terbimbing Pkn :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa
/ 8 September 2015
|
VII B
|
Pengertian hukum
|
2
|
Rabu
/ 9 Sepember 2015
|
VII D
|
Penerapan norma
|
3
|
Kamis
/ 10 September 2015
|
VII C
|
Sikap positif terhadap norma
|
Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa
kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i
dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan
oleh mahasiswa/i
PPL pada awal
bulan september 2015. Hal ini bertujuan
agar mahasiswa/i
PPL bisa mempraktekkan sendiri
cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya berdasarkan pengalaman saat mengajar
terbimbing.
Adapun
latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah
ini:
Tabel 2.11
Jadwal
Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri Pkn :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selase/ 1 September 2015
|
VII B
|
Sikap positif norma
|
2
|
Senin / 7 September 2015
|
VII E
|
Pengertian hukum
|
3
|
Rabu / 5 Oktober 2015
|
VII C
|
Pembagian hukum menurut
bentuknya
|
4
|
Selasa
/ 20 Oktober 2015
|
VII A
|
Hukum menurut isinya
|
5
|
Jumat / 6 November 2015
|
VII D
|
Tujuan dan fungsi hukum
|
6
|
Selasa
/ 1 Desember 2015
|
VIIA
|
Peristiwa rengas dengklok
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara
langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu
syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi
materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada
proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama
melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja
Guru (APKG).
Tabel 2.12
Jadwal
Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar Pkn :
No
|
Hari/ Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Jum’at / 20 November 2015
|
VII D
|
Sidang PPKI
|
Pada
pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan
kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong
dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing
adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan
mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal
bulan agustus 2015. Mahasiswa/i
PPL mengadakan praktek, yaitu
dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i
PPL untuk mengetahui
kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam melakukan pembelajaran.
Adapun
kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di
bawah ini:
Tabel 2.13
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar
Terbimbing Penjas :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Senin/ 02 November 2015
|
VIIA dan VII B
|
Bola Basket
|
2
|
Selasa-Rabu / 03-04 November 2015
|
VII D dan VII C
|
Badminton
|
3
|
Senin / 09 November 2015
|
VII A dan VII B
|
Lari 50 M
|
Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa
kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i
dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan
oleh mahasiswa/i
PPL pada awal
bulan september 2015. Hal ini bertujuan
agar mahasiswa/i
PPL bisa mempraktekkan sendiri
cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya berdasarkan pengalaman saat mengajar
terbimbing.
Adapun
latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah
ini:
Tabel 2.14
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri Penjas :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa-Rabu/ 10-11 November 2015
|
VII D dan VII C
|
Renang Gaya Dada
|
2
|
Senin / 16 November 2015
|
VII A dan VII B
|
Kebugaran Jasmani
|
3
|
Selasa-Rabu / 17-18 November 2015
|
VII D dan VII C
|
Perkemahan
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara
langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
praktek mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa/i PPL yang bersangkutan yang diuji
dan dinilai langsung oleh Guru Pamong. Penilaian ditentukan berdasarkan
kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali
penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan
adalah melanjutkan materi sebelumnya. Adapun ujian yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel
di bawah ini:
Tabel 2.15
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar Penjas :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Senin / 23 November 2015
|
VII A dan VII B
|
Budaya Hidup Sehat
|
Pada
pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan
kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong
dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing
adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan
mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal
bulan agustus 2015. Mahasiswa/i
PPL mengadakan praktek, yaitu
dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i
PPL untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam
melakukan pembelajaran.
Adapun
kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di
bawah ini:
Tabel 2.16
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar
Terbimbing B.Indonesia :
No.
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa/ 08 September 2015
|
VIII B
|
Mengutip
|
2
|
Kamis / 17 September 2015
|
VIII A
|
Menentukan
ilustrasi
|
3
|
Selasa / 22 September 2015
|
VIII B
|
Mendeskripsikan
arah atau tempat
|
Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa
kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i
dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan
oleh mahasiswa/i
PPL pada awal
bulan september 2015. Hal ini bertujuan
agar mahasiswa/i
PPL bisa mempraktekkan sendiri
cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya berdasarkan pengalaman saat mengajar
terbimbing.
Adapun
latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah
ini:
Tabel 2.17
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri B.Indonesia :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Selasa / 10 November
|
VIII B
|
Menentukan
Tokoh utama
|
2
|
Rabu / 11 November 2015
|
VIII A
|
Menentukan
Latar drama
|
3
|
Jum’at / 13 November 2015
|
VIII B
|
Membuat
laporan
|
Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara
langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian
ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu
syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi
materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya. Adapun ujian
yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam
tabel di bawah ini:
Tabel 2.18
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar B.Indonesia :
No
|
Hari / Tanggal
|
Kelas
|
Materi
|
1
|
Sabtu / 21 November 2015
|
VIII B
|
Menulis Surat
|
BAB III
ORGANISASI SEKOLAH
Kepala
Sekolah
Gunawan Mardiyono,S.Pd
|
Wk. Kepala Sekolah
TRIVENA ENDANG N,S.PDK
|
Kepala
Laboratorium
SUDIRMAN ILAHUDE
|
Kepala Perpustakaan
HARDIANA, S.Pd
|
Komite Sekolah
B. EFFENDI YUSUF
|
Kor.
Sarpras
RADUAN
|
Koordinator TAS
MURSYAHWANA
|
Kor.
Kurikulum
WIRYAWAN,
S.Pd
|
Kor.
Kesiswaan
YUNIARNI
|
Koordinator BP / BK
MARINI, S.Pd
|
WALI KELAS
|
Bendahara
Rutin
SUZARTINI
|
Bendahara BOS
SRI MELATIANA, S.Pd
|
Pembina
Ekstrakurikuler
|
Kelompok MGMP Sekolah
|
DEWAN
GURU
|
O S I S
|
S I S W
A -
S I S W I
|
Keterlibatan
kami dalam administrasi
personal adalah sebagai tenaga yang bertanggungjawab dalam kegiatan belajar
mengajar menggantikan guru yang berhalangan hadir. Selain itu kami juga pernah terkait sebagai tenaga non
edukatif dalam membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar yaitu mengetik
soal-soal untuk latihan maupun ulangan.
Administrasi
Kesiswaan disini menyangkut tentang pengelolaan terhadap siswa/i SMP Negeri 1 Mempawah Hilir. Dalam hal ini
penulis terlibat sebagai guru piket yang tugasnya memberikan surat ijin masuk
untuk siswa/i yang terlambat datang ke sekolah dan membunyikan bel tanda masuk,
pergantian jam istirahat, dan pulang.
Administrasi
perbekalan di SMP
Negeri 1 Mempawah Hilir
ini adalah segala sesuatu yang menyangkut prasarana dan sarana yang bersifat
fisik material. Pengelolanya disebut administrasi material. Dalam hal ini kami juga pernah berperan
sebagai administrasi material. Kami secara
terjadwal membagi beberapa kelompok piket untuk merapikan dan
membersihkan ruang guru.
Kami mahasiswa PPL juga turut
serta membantu sekolah dan guru-guru dalam mempersiapkan hal-hal penting
seperti dokumen dan lainnya untuk menjadikan
SMPN 1 Mempawah Hilir sebagai salah satu Sekolah Rujukan Nasional di Kalimantan
Barat .
E. Hasil Observasi Kelas
Observasi kelas
dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2015 dengan hasilnya sebagai berikut:
1.
Kelas
VII
terdiri dari 5 kelas yaitu VII A, VII B, VII C, VII D dan VII E
2.
Kelas
VIII
terdiri dari 4 kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D
3.
Kelas
IX
terdiri dari 4 kelas yaitu IX A, IX B, IX C dan IX D
Berdasarkan hasil observasi di atas dan kesepakatan dari guru
pamong setiap mahasiswa PPL , maka mahasiswa PPL mendapatkan kepercayaan untuk
mengajar di kelas yang ditentukan sebagai berikut:
Tabel 2.19
Pembagian Kelas Mengajar Mahasiswa
NO
|
NAMA
|
PRODI
|
KELAS
|
1.
|
Rifaldy Faisal
Rukmana
|
TIK
|
VII, VIII
|
2.
|
Asmadi
|
Geografi
|
VIII
|
3.
|
Reza Ardiansyah
|
Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
VIII
|
4.
|
Tri Suseno
|
Penjaskes Orkes
|
VII dan VIII
|
5.
|
Miftahul Jannah
|
Bahasa Inggris
|
VII
|
6.
|
Winda Wahyu Astuti
|
Pkn
|
VII
|
F. Faktor Pendukung dan Penghambat PPL
Dalam
pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan banyak sekali pengalaman – pengalaman
baru yang didapat oleh para mahasiswa. PPL adalah sarana bagi mahasiswa untuk
terjun langsung mengajar dan tatap muka dengan para siswa, yang dimana kegiatan
PPL ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan teori – teori yang telah
diperolehnya sewaktu dibangku perkuliahan. Dalam pelaksanaannya sudah pasti
tidak hanya terdapat pengalaman yang baik saja, namun pengalaman pahit juga
didapatkan oleh para mahasiswa PPL. Pada saat PPL, ada beberapa faktor
pendukung dan penghambat, adapaun faktor pendukung dan penghambat selama
kegiatan PPL adalah sebagai berikut :
1. Faktor Pendukung PPL
Adapun
faktor-faktor pendukung selama pelaksanaan PPL, yaitu :
a.
Adanya keterbukaan dari
pihak SMP Negeri 1 Mempawah Hilir, Kepala Sekolah, Guru-guru dan staf Tata
Usaha dan tentunya sangat didukung sekali oleh seluruh siswa/i SMP Negeri 1 Mempawah
Hilir
b.
Adanya hubungan dan
kerjasama yang baik antara mahasiswa/i PPL dengan dewan guru yang selalu
memberikan bantuan demi kelancaran PPL.
c.
Bimbingan, arahan dan
perhatian yang menyeluruh serta berkesinambungan dari berbagai pihak baik dari
Pamong dan Koordinator Pamong.
Adapun
faktor-faktor penghambat selama pelaksanaan PPL, yaitu :
a.
Kurangnya koordinasi
dan komunikasi dengan dosen pembimbing karena sulitnya membagi waktu untuk
bertemu.
b.
Adanya kesenjangan
antara apa yang dipelajari di perkuliahan dengan pelaksanaan langsung di
lapangan (sekolah).
c.
Masih ada siswa/i dari beberapa kelas yang tidak
mengerti materi pembahasan yang disampaikan
d.
Kurangnya minat belajar siswa dengan metode
ceramah yang biasa digunakan
e.
Pembagian waktu dalam pembelajaran masih kurang
tepat .
Adapun
upaya dalam mengatasi hambatan diatas, yaitu dengan :
a.
Melakukan koordinasi
serta komunikasi antara mahasiswa PPL dengan Dosen Pembimbing, Guru Koordinator
Pamong PPL dan Guru Pamong.
b.
Mempelajari lebih dalam materi-materi yang akan
disampaikan dalam pembelajaran dengan referensi dari berbagai sumber, seperti buku
paket, LKS dan internet.
c.
Menyampaikan materi dengan mencontohkan objek
yang disampaikan pada ilustrasi kehidupan sehari-hari agar siswa mengerti dan
paham akan maksud dari materi yang disampaikan.
d.
Mengajar dengan menggunakan metode atau model
belajar yang berbeda-beda agar siswa bisa belajar sambil bermain sehingga tidak
menimbulkan rasa bosan didalam kelas selain itu pembelajaran bisa berjalan
dengan efektif dan respon siswa rata-rata sangat positif.
e.
Sebelum pembelajaran di terapkan, kami
merincikan waktu pengajaran sesuai dengan yang tercantum dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) masing-masing agar pembagian waktu saat mengajar
dapat berjalan dengan semestinya.
BAB IV
PENUTUP
Praktek
pengalaman lapangan adalah suatu kegiatan wajib dilakukan setiap mahasiswa/i
IKIP-PGRI Pontianak dengan tujuan mewujudkan kemampuan mengajar dan mewujudkan
semua persyaratan yang harus ditempuh oleh mahasiswa/i sesuai dengan ketentuan
lembaga.
SMP Negeri 1 Mempawah
Hilir merupakan salah satu sekolah yang menerima mahasiswa/i IKIP-PGRI
Pontianak untuk melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Kondisi sekolah saat ini sedang dalam masa renovasi total, sehingga Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) dialihkan dan dilaksanakan di SDN 2 Mempawah Hilir dan
SDN 8 Mempawah Hilir di jalan Raden Kusno, Mempawah. Hubungan antara guru dan
siswa/i terjalin dengan baik pula. Siswa/i sudah tergolong aktif dalam proses
pembelajaran, hal ini bisa terlihat dari keaktifan mereka melakukan tanya jawab
dikelas saat proses belajar mengajar berlangsung.
Pada saat kegiatan PPL
ini berlangsung, tanggapan guru dan siswa/i terhadap mahasiswa/i PPL juga baik.
Meskipun terdapat berbagai hambatan selama kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan
tetap saja kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik . Pelaksanaan PPL di SMP
Negeri 1 Mempawah Hilir merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami
khususnya, dengan kegiatan ini penulis banyak memperoleh pengalaman, kemampuan
dasar mengajar dikelas secara nyata sebagai bekal untuk mempersiapkan diri
menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dimasa yang akan datang.
Berdasarkan
hasil observasi dan praktek pengalaman lapangan yang dilakukan di SMP Negeri 1
Mempawah Hilir dapat disimpulkan bahwa:
1. Secara
keseluruhan pengelolaan administrasi disekolah sudah baik jika dilihat dari
berbagai aspek diantaranya pembagian tugas mengajar, mengelola keuangan,
mengembangkan proses pendidikan dengan penuh tanggungjawab dan penuh kesadaran.
2. Relasi
yang terjalin antar mahasiswa praktikan, mahasiswa dengan Kepala Sekolah,
guru-guru serta personil sekolah lainnya serta mahasiswa praktikan dengan
siswa-siswi sekolah PPL cukup baik.
3. SMP
N 1 Mempawah Hilir memiliki fasilitas yang cukup
memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
4. Penerapan
disiplin yang dilakukan oleh dewan guru cukup baik, hanya saja kesadaran
siswa-siswi sangat kurang dalam hal ini.
Dari
kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, berikut adalah saran yang dapat kami berikan :
1. Perlu
adanya peningkatan pengawasan terhadap keberadaan siswa sewaktu jam belajar,
ketika tidak ada guru dan pergantian jam agar siswa tidak kekantin.
2. Fasilitas
penunjang proses pembelajaran terus diperhatikan agar mendapatkan hasil
pembelajaran yang lebih maksimal sesuai dengan visi dan misi SMP Negeri 1
Mempawah Hilir.
3. Organisasi
siswa intra sekolah (OSIS) sebaiknya lebih ditingkatkan lagi kegiatannya, agar
siswa/i terlatih untuk mengeluarkan pendapat guna membentuk karakter kritis dan
analitis pada siswa.
4. Dosen
pembimbing diharapkan untuk sering berkoordinasi dengan pihak sekolah khususnya
guru pamong dan kepala sekolah agar memperoleh gambaran yang lengkap mengenai
kondisi real dan dapat mengetahui kondisi mahasiswa asuhannya, yang terjadi
dilapangan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic