\ LAPORAN KELOMPOK DI SMPN 1 MEMPAWAH HILIR IKIP-PGRI PONTIANAK 2015 ~ Faiz-s4n.blogspot.com
faiz-s4n.blogspot.com

LAPORAN KELOMPOK DI SMPN 1 MEMPAWAH HILIR IKIP-PGRI PONTIANAK 2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, dan karunia-Nya lah sehingga pelaksanaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak di SMPN 1 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah dapat terlaksana dengan baik dan penulisan laporan ini dapat diselesaikan.
Penulisan laporan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan  (PPL) yang merupakan program IKIP-PGRI Pontianak yang tahun ini dikenal dengan KKM-PPL TERPADU. Kami sebagai Mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak dengan ini bermaksud ingin memberikan informasi atau gambaran umum tentang hasil pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir yang akan digunakan sebagai prasyarat untuk melengkapi tugas mata kuliah  Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Dalam kegiatan ini, bantuan dan bimbingan yang telah kami dapatkan dari berbagai pihak merupakan hal yang berharga. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.        Prof. Dr. H. Samion A.R, M.Pd selaku ketua IKIP-PGRI Pontianak.
2.        Zusyah Porja Daryanto, S.Pd, M.or Selaku Ketua Koordinator Pembimbing KKM dan PPL Kabupaten Mempawah.
3.        Seluruh Dosen Pembimbing dari masing-masing Program Studi
4.        Gunawan Mardiyono,S.Pd selaku kepala SMP Negeri 1 Mempawah Hilir yang telah memberikan izin  pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir
5.        Seluruh guru pamong dan dewan guru dari masing-masing mata pelajaran di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
6.        Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
7.        Rekan-rekan Mahasiswa/i PPL  di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
8.        Siswa/i SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
9.        Orang tua dan keluarga yang selalu mendukung serta berbagai pihak yang selalu memberikan bantuan dan motivasi selama pelaksanaan KKM-PPL Terpadu ini.
Kami menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan dan ketidak sempurnaan dalam penulisan laporan kelompok PPL ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang tentunya dapat menyempurnakan penulisan laporan kelompok Praktek Pengalaman Lapangan ini.
Mempawah, 8 Januari 2016

Ketua Kelompok PPL




Rifaldy Faisal Rukmana
NIM. 611200296



DEWIT BARCES
NIM :231000394

Akhirnya, kami berharap semoga segala dukungan, bimbingan dan bantuan dari semua pihak mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu penulis juga berharap semoga laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.




LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK   PENGALAMAN   LAPANGAN
DI  SMP  NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR
KABUPATEN MEMPAWAH
TAHUN 2015/2016

Ketua Kelompok



RIFALDY FAISAL RUKMANA
NIM : 611200296



Mengetahui,


Koordinator  PPL Kab. Mempawah                                       Koordinator Pamong PPL




Zusyah Porja Daryanto, S.Pd, M.Or                                   H.M.Ridwan Siregar, S.Pd
NPP.  202 2011 163                                                        NIP.  19570903  198302  1  003






PLT. Kepala SMP Negeri 1 Mempawah Hilir


 H.M.Ridwan Siregar, S.Pd
 NIP.  19570903  198302  1  003
Disahkan oleh,
            Ketua P3G




                                                                            Idham Azwar, M.Pd
 NPP. 20022005022





DAFTAR ISI






BAB I

PENDAHULUAN


A.    Sejarah SMP Negeri 1 Mempawah Hilir
SMP Negeri 1 Mempawah merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang berdiri sejak tahun 1954. Sekolah ini belum mengalami perubahan yang berarti, bahkan dari tahun ke tahun semakin terpuruk kondisinya meskipun mutu sekolah yang tidak diragukan lagi dengan persentase kelulusan siswa yang semakin mengalami peningkatan.
Pada pertengahan bulan april 2015, gedung SMPN 1 Mempawah Hilir di renovasi total, baik dari segi bangunan maupun denah lokalnya. Sehingga proses belajar mengajar selama 1 semester (ganjil) dialihkan ke SDN 08 Mempawah Hilir dan SDN 02 Mempawah Hilir di jalan Raden Kusno, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, sampai menunggu renovasi gedung yang baru selesai dibangun. Namun ruang untuk  Kepala Sekolah, Tata Usaha, Perpustakaan dan Laboratorium masih dipusatkan di gedung utama sekolah yang lama.
Dilihat dari letak bangunannya, SMP Negeri 1 Mempawah Hilir berlokasi di Jl. Gusti Abdul Hamid kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.


a.    Nama Sekolah                                     :  SMP Negeri 1 Mempawah
                                                               Hilir
b.    No. Statistik Sekolah                          :  20 1 13 02 04 001
c.    Nomor Pokok Sekolah Nasional         :  69787962
d.   Tanggal Pendirian/Pembukaan            :  1 Agustus 1954 / oleh Yayasan
Pembangunan Mempawah (Status Swasta)
e.    Tanggal dan No. SK Penegerian         :  9 September 1958 SK No.
                                                                                36/SK/III/1958
f.     Status Tanah/Gedung                          :  Milik Pemerintah Daerah
                                                                                 Kabupaten Mempawah
g.    Luas Tanah / Bangunan                       :  2890 M2  / 1123 M2
h.    Alamat Sekolah                                   :  Jalan Gusti Abdul Hamid Mempawah 
:  Kecamatan Mempawah  Hilir
 :  Rt.15 Rw. 08
 :  Kabupaten Mempawah
                                                            :  Propinsi Kalimantan Barat
i.      Telepon/HP/Fax                                  :  (0561) 691064 /  HP 081345510988
j.      E-mail                                                  :  smpn1mpwh@yahoo.com
k.    Kode Pos                                             :  78912
l.      Status Sekolah                                     :  Negeri
m.  Bentuk Sekolah                                   :  Biasa
n.    Waktu Penyelenggaraan                      :  Siang
o.    Nilai Akreditasi Sekolah                     :  B (Akreditasi Tahun 2013)

2.         Gedung Sekolah
Saat ini gedung sekolah dalam proses renovasi total dikarenakan bangunan sekolah sebelumnya sudah sangat memerlukan perbaikan. Gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir yang baru  akan di resmikan pada pertengahan bulan januari 2016

1.         Visi Sekolah
“UNGGUL DALAM PRESTASI BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA”
Indikator :
·      Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
·      Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
·      Ingin mencapai keunggulan dan prestasi
·      Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah.
·      Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
·      Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) sekolah.
·      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa ( untuk poin a ) nilai religius.
2.         Misi Sekolah

”DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB, JUJUR DALAM BEKERJA SAMA UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA MELALUI MANAJEMEN KEKELUARGAAN DAN MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN DARI SEGALA PENYALAHGUNAAN NARKOBA”
Penjabaran Misi di atas meliputi :
·      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, kreatif, menyenangkan dan kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
·      Menumbuhkan semangat berprestasi secara intensif dan bernalar sehat kepada para peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju dan berkembang.
·      Meningkatkan komitmen seluruh tenaga pendidik dan kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya. (nilai disiplin)
·      Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
·      Menumbuhkan dan mendorong kegiatan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga.
·      Mengarahkan siswa menguasai ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa untuk menumbuhkan perilaku arif sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlak mulia. (nilai religius)
·      Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. (nilai religius)
·      Meningkatkan komitmen seluruh warga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mencegah dan menhindari narkoba dan obat terlarang lainnya.
·      Memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada peserta didik untuk menjauhi serta menghindari narkoba dan obat terlarang lainnya.



1.       Profil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mempawah Hilir
Nama                                :  Gunawan Mardiyono, S.Pd
NIP                                  :  19650310 198502 1 005
Jenis Kelamin                   :  Laki-laki
TTL                                  :  Teras, 10 Maret 1965
Jabatan                             :  Kepala SMP Negeri 1 mempawah                    
                                           Kabupaten Mempawah
Pangkat / Golongan         :  Pembina / IV A
Pendidikan Terakhir         :  Sarjana Pendidikan
Jurusan                             :  S-1 Bahasa Inggris

2.      Dewan Guru
Selain Kepala Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan lainnya seperti guru juga merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan proses  pendidikan. Pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, dan tenaga kependidikan yang profesional merupakan prasyarat mutlak dalam menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dan bermartabat. Adapun daftar guru SMP Negeri 1 Mempawah Hilir tahun pelajaran 2015/2016 dapat dilihat pada Tabel berikut :
Tabel 1.1
Daftar Guru SMPN 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
Nama
Jabatan
Mengajar Mata Pelajaran
1
Gunawan Mardiyono, S.Pd
Kepala Sekolah
Bahasa Inggris
2
H. M. Ridwan Siregar, S.Pd
PLT. Kepala Sekolah
IPS
3
Wiryawan, S.Pd
Waka Kurikulum
Matematika
4
Sudirman  I, A.Md
Kepala Lab. IPA
IPA / Fisika
6
Hardiana, S.Pd
Kepala Perpustakaan
B.Indonesia
5
Hj. Rosa Delima
Guru
IPS
6
Murjani, S.Pd
Guru
Bahasa Inggris
7
Ruslan
Guru
Bahasa Indonesia
8
Wasibah Arifan
Guru
IPS
9
Ratna
Guru
Bahasa Indonesia
10
Zulbaedah, S.Pd
Guru
Bahasa Inggris
11
Yuni Arni, S.Pd
Guru
IPA/ Biologi
12
T. Endang Nurhayati, S.Pd.K
Guru
Pnd.Agm Katolik / Mulok
13
Sri Hartuti, S.Pd
Guru
Seni Budaya
14
Etty Eswar, S.Pd
Guru
Matematika
15
Wenda Friyanti, SP
Guru
IPA/ Fisika
16
Golda Meyr, SH
Guru
PKn
17
Ika Moralitia K, S.Pd
Guru
PKn
18
Erna Wahyuningsih, S.Pd
Guru
Penjas
19
Hj. Nani Siti R, BA
Guru
Pnd.Agama Islam
20
Edy Fahrulian, A.Md
Guru
Bahasa Inggris/TIK
21
DG. Arie SK, S.Pd
Guru
TIK / BK
22
Sumarni, S.Ag
Guru
Pnd.Agama Budha
23
Ruben Israel Refo, S.Pd
Guru
Pnd.Agama Katolik
24
Syahroni, S.Pd
Guru
Penjas
25
Bella S
Guru
Bahasa Indonesia

3.      Tata usaha
Tata usaha merupakan bagian dari unit pelaksanaan teknis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi pendidikan. Berikut ini adalah daftar staf tata usaha SMP Negeri 1 Mempawah Hilir tahun pelajaran 2015/2016 dapat dilihat pada Tabel 2.3 berikut:

Tabel 1.2
Daftar Nama Staf  TU SMP N 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
Nama
Jabatan
1
Hj. Mursyahwana
Kepala Tata Usaha
2
Gusti Zulkarnain
Pegawai Tata Usaha
3
Raduan
Pegawai Tata Usaha
4
Sutrisno
Operator Sekolah
5
Eddy Farulian. S, A.Md
PTT
6
Renny Herlina
Pegawai Tata Usaha
7
Ricky Ardiansyah
Pegawai Perpustakaan
8
Hayati, S.Pd
Pegawai Tata Usaha
9
Iskandar
Pesuruh
10
Surya Jaya
Penjaga Malam
11
Gusti Rizal Amarta
Tukang Kebun

4.      Siswa – Siswi
Siswa pada hakikatnya merupakan subjek pendidikan yang  sama vitalnya dengan pendidik sebagai pembangun dari sebuah sistem pendidikan itu sendiri. SMP Negeri 1 Mempawah Hilir setiap tahunnya melakukan beberapa prinsip penerimaan siswa yang akan mengikuti proses pendidikan menengah di sekolah ini dengan beberapa syarat yang harus di penuhi oleh calon siswa yang akan mendaftar. SMP Negeri 1 Mempawah Hilir menerima siswa hampir merata setiap tahun, hal ini bisa dilihat dari Tabel 2.3 berikut yang mengambarkan kedaan siswa SMP Negeri 1 Mempawah Hilir dari Kelas VII, VIII dan IX tahun pembelajaran 2015/2016.
Tabel 1.3
Data Siswa SMP Negeri 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No
Kelas
Jumlah Siswa
1
VII A
28
2
VII B
28
3
VII C
28
4
VII D
28
5
VII E
28
6
VIII A
25
7
VIII B
24
8
VIII C
24
9
VIII D
24
10
IX A
32
11
IX B
32
12
IX C
32
13
IX D
32
Jumlah
365

5.      Sarana dan Prasarana
Tanah tempat berdirinya sekolah sepenuhnya milik pemerintah daerah Kabupaten Mempawah. Berikut tabel Keadaan gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir :

Tabel 1.4
Keadaan Gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir 2015/2016
No.
Ruang
Jumlah
1
Ruang Kepala Sekolah
1 Ruang
2
Ruang Wakil Kepala Sekolah
1 Ruang
3
Ruang Tata Usaha
1 Ruang
4
Ruang Dewan Guru
1 Ruang
5
Ruang BP/BK
1 Ruang
6
Ruang Tamu
1 Ruang
7
Ruang Kelas
a.       Kelas VII
b.      Kelas VIII
c.       Kelas IX

5 Ruang
4 Ruang
4 Ruang
8
Ruang Perpustakaan
1 Ruang
9
Ruang Lab. Komputer
1 Ruang
10
Ruang Lab. Bahasa
1 Ruang
11
Ruang Lab. IPA
1 Ruang
14
Ruang UKS
1 Ruang
15
Ruang OSIS
1 Ruang
16
Ruang UPM
1 Ruang
17
Ruang Media
1 Ruang
16
Lapangan Voly
2 Buah
17
Lapangan Bulu Tangkis
1 Buah
18
Lapangan Basket
1 Buah
19
Lapangan Takraw
1 Buah
20
Toilet
a.       Guru
b.      Siswa

1 Buah
3 Buah
21
Parkir:
a.       Guru
b.      Siswa

1 Buah
1 Buah

Secara umum kondisi fisik kelas yang ada di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir adalah sebagai berikut:
1.    Meja dan kursi cukup dan dalam kondisi yang layak pakai.
2.    Meja dan kursi guru cukup dan dalam kondisi yang layak pakai.
3.    Tersedia tempat cuci tangan dan sapu / lap tangan.
4.    Whiteboard, Spidol dan penghapus dalam kondisi yang baik.
5.    Tiap kelas memiliki lampu penerang.
6.    Tiap kelas Memiliki 2 kipas angin.
7.    Setiap kelas memiliki struktur kelas.
8.    Kelas memiliki daftar absensi dan jurnal.
9.    Tiap kelas memiliki tong sampah.



BAB II

KURIKULUM DAN PELAKSANAANNYA


Kurikulum merupakan pedoman untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. SMP Negri 1 Mempawah Hilir masih menggunakan kurikulum KTSP 2006. Dengan berlangsungnya kurikulum tersebut maka semua Mata Pelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

B.     Bidang Studi dan Pelaksanaannya

1.      Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada pelaksanaan kegiatan mengajar pada bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing dan mandiri oleh guru pamong dengan terjadwal, khususnya untuk prodi TIK dari IKIP-PGRI Pontianak dengan 1 (satu) orang mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara terbimbing selama 3 kali pertemuan, pada kelas VIII A, VII D dan VII B. Sebelum melakukan kegiatan mengajar yang telah di jadwalkan, terlebih dahulu mahasiswa PPL melakukan orientasi kelas yang dimana kegiatan orietasi kelas ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang suasana belajar, dan memberikan contoh kepada mahasiswa cara mengajar yang baik dan benar, baik dari hal yang bersangkutan dengan tutur kata maupun kesiapan materi.
Adapun jadwal pembelajaran terbimbing dalam kegiatan PPL yang diberikan adalah sebagai berikut:
                                                                    Tabel 2.1
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Terbimbing TIK :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 8 September 2015
VIII A
Menu dan Ikon
2
Rabu / 9 September 2015
VII D
Peralatan TIK
3
Kamis / 10 September 2015
VII B
Menu dan Ikon

                        Setelah melakukan Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan mandiri. Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas.  Adapun latihan mengajar mandiri yang telah dilaksanakan yaitu sebanyak 7 kali dan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
                                                        Tabel 2.2
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Mandiri TIK :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Senin/ 14 September 2015
VII A
Komputer dan Internet
2
Selasa / 22 September 2015
VIII C
Fungsi Menu dan Ikon
3
Kamis / 1 Oktober 2015
VII E
Sejarah Perkembangan. TIK
4
Selasa / 20 Oktober 2015
VIII A
Membuat Dokumen
5
Senin /  17 November 2015
VIII B
Mengatur Format Halaman
6
Selasa / 1 Desember 2015
VII A
Dampak Negatif TIK

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya. Pada proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG).  Adapun jadwal Ujian praktek mengajar adalah sebagai berikut :
Tabel 2.3
                                    Jadwal Ujian Praktek Mengajar TIK
No
Hari/ Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 17 November 2015
VIII A
Membuat Dokumen Sederhana

2.      Bidang Studi IPS Terpadu (Geografi)

Dalam proses sebelum melakukan kegiatan mengajar, mahasiswa Geografi di tuntut untuk mempelajari mata pelajaran IPS Terpadu. Hal di karenakan mata pelajaran Geografi belum tersedia untuk jenjang SMP.  Pada pelaksanaan kegiatan mengajar bidang studi IPS Terpadu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal, khususnya untuk prodi Geografi dari IKIP-PGRI Pontianak dengan 1 (satu) orang mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara terbimbing selama 3 kali pertemuan, pada kelas VIII B, VIII A, VIII A. Sebelum melakukan kegiatan mengajar yang telah di jadwalkan, terlebih dahulu mahasiswa PPL melakukan orientasi kelas yang dimana kegiatan orietasi kelas ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang suasana belajar, dan memberikan contoh kepada mahasiswa cara mengajar yang baik dan benar, baik dari hal yang bersangkutan dengan tutur kata maupun kesiapan materi.
Adapun jadwal pembelajaran terbimbing dalam kegiatan PPL yang diberikan adalah sebagai berikut:
Tabel 2.4
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Terbimbing IPS :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Rabu / 16 September 2015
VIII B
Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat
2
Kamis / 29 September 2015
VIII A
Bentuk-bentuk perlawanan dalam menentang kolonialisme barat indonesia di berbagai daerah
3
Kamis / 02 Oktober 2015
VIII A
Munculnya pergerakan kebangsaan

Setelah melakukan Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan mandiri. Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas.  Adapun latihan mengajar mandiri yang telah dilaksanakan yaitu sebanyak 3 kali dan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.5
     Jadwal Pelaksanaan Mengajar Mandiri IPS :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 11 November  2015
VIII D
Penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
2
Selasa / 17 November  2015
VIII D
Upaya pencegahan penyimpangan sosial
3
Kamis / 20 November 2015
VIII A
Sikap terhadap prilaku penyiampangan sosial

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG).
     Tabel 2.6
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar IPS :
 No
Hari/ Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa  / 17 November  2015
VIII C
Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia yang beraneka ragam

3.      Bidang Studi Bahasa Inggris

Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal.
Adapun kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di bawah ini:
Tabel 2.7
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Terbimbing B.Inggris  :
    No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 8 September 2015
VII A
Name card and greeting card
2
Jumat / 11 Sepember 2015
VII B
Announcement
3
Senin / 14 September 2015
VII D
schedule

Setelah melakukan Latihan mengajar terbimbing, mahasiswa kemudian melakukan latihan mandiri. Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas. Adapun latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.8
Jadwal Pelaksanaan Mengajar Mandiri B.Inggris :
  No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa/ 15 September 2015
VII A,B,C
Greetings and introduction expressions
2
Senin / 21 September 2015
VII D
Short functional texts: spoken instructions and warning
3
Jumat / 2 Oktober 2015
VII A.B
Cardinal number and ordinal number
4
Senin / 19 Oktober 2015
VII D
Parts of body
5
Jumat / 20 November 2015
VIIA,B
Short functional texts: spoken and written cautions
6
Selasa / 1 Desember 2015
VII A,B,C
Announcement and short messages

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG).
Tabel 2.9
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar B.Inggris :
No
Hari/ Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa  / 17 November  2015
VII A
Description About People

Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal bulan agustus 2015. Mahasiswa/i PPL mengadakan praktek, yaitu dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i PPL untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam melakukan pembelajaran.
Adapun kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di bawah ini:
Tabel 2.10
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Terbimbing Pkn :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 8 September 2015
VII B
Pengertian hukum
2
Rabu / 9 Sepember 2015
VII D
Penerapan norma
3
Kamis / 10 September 2015
VII C
Sikap positif terhadap norma

Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan oleh mahasiswa/i PPL pada awal bulan september 2015. Hal ini bertujuan agar mahasiswa/i PPL bisa mempraktekkan sendiri cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya  berdasarkan pengalaman saat mengajar terbimbing.
Adapun latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.11
                                    Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri Pkn :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selase/ 1 September 2015
VII B
Sikap positif norma
2
Senin / 7 September 2015
VII E
Pengertian hukum
3
Rabu / 5 Oktober 2015
VII C
Pembagian hukum menurut bentuknya
4
Selasa / 20 Oktober 2015
VII A
Hukum menurut isinya
5
Jumat /  6 November 2015
VII D
Tujuan dan fungsi hukum
6
Selasa / 1 Desember 2015
VIIA
Peristiwa rengas dengklok

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya.
Pada proses penilaian ini, penguji (Pamong) akan menilai mahasiswa PPL selama melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG).
Tabel 2.12
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar Pkn :
No
Hari/ Tanggal
Kelas
Materi
1
Jum’at / 20 November  2015
VII D
Sidang PPKI

Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal bulan agustus 2015. Mahasiswa/i PPL mengadakan praktek, yaitu dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i PPL untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam melakukan pembelajaran.
Adapun kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di bawah ini:
Tabel 2.13
                           Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Terbimbing Penjas :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Senin/ 02 November 2015
VIIA dan VII B
Bola Basket
2
Selasa-Rabu / 03-04 November 2015
VII D dan VII C
Badminton
3
Senin / 09 November 2015
VII A dan VII B
Lari 50 M

Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan oleh mahasiswa/i PPL pada awal bulan september 2015. Hal ini bertujuan agar mahasiswa/i PPL bisa mempraktekkan sendiri cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya  berdasarkan pengalaman saat mengajar terbimbing.
Adapun latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.14
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri Penjas :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa-Rabu/ 10-11 November 2015
VII D dan VII C
Renang Gaya Dada
2
Senin  / 16 November 2015
VII A dan VII B
Kebugaran Jasmani
3
Selasa-Rabu / 17-18 November 2015
VII D dan VII C
Perkemahan

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian praktek mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa/i PPL yang bersangkutan yang diuji dan dinilai langsung oleh Guru Pamong. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya. Adapun ujian  yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.15
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar Penjas :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Senin / 23 November 2015
VII A dan VII B
Budaya Hidup Sehat


Pada pelaksanaan kegiatan PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan mengajar dalam kelas yang dilakukan secara terbimbing oleh guru pamong dengan terjadwal. Latihan mengajar terbimbing adalah latihan mengajar dengan kehadiran guru pamong di dalam kelas. Latihan mengajar terbimbing dilaksanakan pada awal bulan agustus 2015. Mahasiswa/i PPL mengadakan praktek, yaitu dengan tujuan agar memudahkan mahasiswa/i PPL untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terjadi dalam melakukan pembelajaran.
Adapun kegiatan mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan dipaparkan dari tabel di bawah ini:
Tabel 2.16
                           Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Terbimbing B.Indonesia :
No.
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa/ 08 September 2015
VIII B
Mengutip
2
Kamis / 17 September 2015
VIII A
Menentukan ilustrasi
3
Selasa / 22 September 2015
VIII B
Mendeskripsikan arah atau tempat

Latihan mengajar mandiri adalah latihan mengajar tanpa kehadiran guru pamong di kelas. Hal ini untuk melihat kemampuan mahasiswa/i dalam menguasai kelas. Latihan mengajar mandiri dilakukan oleh mahasiswa/i PPL pada awal bulan september 2015. Hal ini bertujuan agar mahasiswa/i PPL bisa mempraktekkan sendiri cara belajar yang telah diperoleh dari guru pamong dan tentunya  berdasarkan pengalaman saat mengajar terbimbing.
Adapun latihan belajar mandiri yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Tabel 2.17
Jadwal Pelaksanaan Latihan Mengajar Mandiri  B.Indonesia :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Selasa / 10 November
VIII B
Menentukan Tokoh utama
2
Rabu  / 11 November 2015
VIII A
Menentukan Latar drama
3
Jum’at / 13 November 2015
VIII B
Membuat laporan

Untuk melihat kemampuan mengajar mahasiswa, pamong akan menilai secara langsung melalui ujian praktek mengajar. Penilaian ditentukan berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan oleh kampus yaitu syarat minimal 16 kali penampilan (tatap muka) mengajar mandiri dengan memberi materi yang akan disampaikan adalah melanjutkan materi sebelumnya. Adapun ujian  yang telah dilaksanakan dipaparkan dalam tabel di bawah ini:


Tabel 2.18
Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar B.Indonesia :
No
Hari / Tanggal
Kelas
Materi
1
Sabtu / 21 November 2015
VIII B
Menulis Surat






BAB III

ORGANISASI SEKOLAH


Kepala Sekolah
Gunawan Mardiyono,S.Pd
Wk. Kepala Sekolah
TRIVENA ENDANG  N,S.PDK
Kepala Laboratorium
SUDIRMAN ILAHUDE
Kepala Perpustakaan
HARDIANA, S.Pd
Komite Sekolah
B. EFFENDI YUSUF
 





                                               
Kor. Sarpras
RADUAN
Koordinator TAS
MURSYAHWANA
 
Kor. Kurikulum
WIRYAWAN, S.Pd
Kor. Kesiswaan
YUNIARNI
Koordinator BP / BK
MARINI, S.Pd
WALI KELAS
Bendahara Rutin
SUZARTINI
Bendahara BOS
SRI MELATIANA, S.Pd
Pembina Ekstrakurikuler
Kelompok MGMP Sekolah
DEWAN GURU
O S I S
S I S W A  -  S I S W I
 


 



Keterlibatan kami dalam administrasi personal adalah sebagai tenaga yang bertanggungjawab dalam kegiatan belajar mengajar menggantikan guru yang berhalangan hadir. Selain itu kami  juga pernah terkait sebagai tenaga non edukatif dalam membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar yaitu mengetik soal-soal untuk latihan maupun ulangan.

Administrasi Kesiswaan disini menyangkut tentang pengelolaan terhadap siswa/i SMP Negeri 1 Mempawah Hilir. Dalam hal ini penulis terlibat sebagai guru piket yang tugasnya memberikan surat ijin masuk untuk siswa/i yang terlambat datang ke sekolah dan membunyikan bel tanda masuk, pergantian jam istirahat, dan pulang.

Administrasi perbekalan di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir ini adalah segala sesuatu yang menyangkut prasarana dan sarana yang bersifat fisik material. Pengelolanya disebut administrasi material. Dalam hal ini kami juga pernah berperan sebagai administrasi material. Kami secara terjadwal membagi beberapa kelompok piket untuk merapikan dan membersihkan ruang guru.
Kami mahasiswa PPL juga turut serta membantu sekolah dan guru-guru dalam mempersiapkan hal-hal penting seperti dokumen dan lainnya untuk menjadikan SMPN 1 Mempawah Hilir sebagai salah satu Sekolah Rujukan Nasional di Kalimantan Barat .

E.     Hasil Observasi Kelas

Observasi kelas dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2015 dengan hasilnya sebagai berikut:
1.    Kelas VII terdiri dari 5 kelas yaitu VII A, VII B, VII C, VII D dan VII E
2.    Kelas VIII terdiri dari 4 kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D
3.    Kelas IX terdiri dari 4 kelas yaitu IX A, IX B, IX C dan IX D
Berdasarkan hasil observasi di atas dan kesepakatan dari guru pamong setiap mahasiswa PPL , maka mahasiswa PPL mendapatkan kepercayaan untuk mengajar di kelas yang ditentukan sebagai berikut:
Tabel 2.19
Pembagian Kelas Mengajar Mahasiswa
NO
NAMA
PRODI
KELAS
1.
Rifaldy Faisal Rukmana
TIK
VII, VIII
2.
Asmadi
Geografi
VIII
3.
Reza Ardiansyah
Bahasa dan Sastra Indonesia
VIII
4.
Tri Suseno
Penjaskes Orkes
VII dan VIII
5.
Miftahul Jannah
Bahasa Inggris
VII
6.
Winda Wahyu Astuti
Pkn
VII

F.     Faktor Pendukung dan Penghambat PPL

Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan banyak sekali pengalaman – pengalaman baru yang didapat oleh para mahasiswa. PPL adalah sarana bagi mahasiswa untuk terjun langsung mengajar dan tatap muka dengan para siswa, yang dimana kegiatan PPL ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan teori – teori yang telah diperolehnya sewaktu dibangku perkuliahan. Dalam pelaksanaannya sudah pasti tidak hanya terdapat pengalaman yang baik saja, namun pengalaman pahit juga didapatkan oleh para mahasiswa PPL. Pada saat PPL, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat, adapaun faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan PPL adalah sebagai berikut :

1.    Faktor Pendukung PPL

Adapun faktor-faktor pendukung selama pelaksanaan PPL, yaitu :
a.         Adanya keterbukaan dari pihak SMP Negeri 1 Mempawah Hilir, Kepala Sekolah, Guru-guru dan staf Tata Usaha dan tentunya sangat didukung sekali oleh seluruh siswa/i SMP Negeri 1 Mempawah Hilir
b.         Adanya hubungan dan kerjasama yang baik antara mahasiswa/i PPL dengan dewan guru yang selalu memberikan bantuan demi kelancaran PPL.
c.         Bimbingan, arahan dan perhatian yang menyeluruh serta berkesinambungan dari berbagai pihak baik dari Pamong dan Koordinator Pamong.

Adapun faktor-faktor penghambat selama pelaksanaan PPL, yaitu :
a.         Kurangnya koordinasi dan komunikasi dengan dosen pembimbing karena sulitnya membagi waktu untuk bertemu.
b.         Adanya kesenjangan antara apa yang dipelajari di perkuliahan dengan pelaksanaan langsung di lapangan (sekolah).
c.         Masih ada siswa/i dari beberapa kelas yang tidak mengerti materi pembahasan yang disampaikan
d.        Kurangnya minat belajar siswa dengan metode ceramah yang biasa digunakan
e.         Pembagian waktu dalam pembelajaran masih kurang tepat .

3.    Solusi dari Faktor Penghambat
Adapun upaya dalam mengatasi hambatan diatas, yaitu dengan :
a.         Melakukan koordinasi serta komunikasi antara mahasiswa PPL dengan Dosen Pembimbing, Guru Koordinator Pamong PPL dan Guru Pamong.
b.         Mempelajari lebih dalam materi-materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran dengan referensi dari berbagai sumber, seperti buku paket, LKS dan internet.
c.         Menyampaikan materi dengan mencontohkan objek yang disampaikan pada ilustrasi kehidupan sehari-hari agar siswa mengerti dan paham akan maksud dari materi yang disampaikan.
d.        Mengajar dengan menggunakan metode atau model belajar yang berbeda-beda agar siswa bisa belajar sambil bermain sehingga tidak menimbulkan rasa bosan didalam kelas selain itu pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan respon siswa rata-rata sangat positif.
e.         Sebelum pembelajaran di terapkan, kami merincikan waktu pengajaran sesuai dengan yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) masing-masing agar pembagian waktu saat mengajar dapat berjalan dengan semestinya.






BAB IV

PENUTUP


Praktek pengalaman lapangan adalah suatu kegiatan wajib dilakukan setiap mahasiswa/i IKIP-PGRI Pontianak dengan tujuan mewujudkan kemampuan mengajar dan mewujudkan semua persyaratan yang harus ditempuh oleh mahasiswa/i sesuai dengan ketentuan lembaga.
SMP Negeri 1 Mempawah Hilir merupakan salah satu sekolah yang menerima mahasiswa/i IKIP-PGRI Pontianak untuk melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Kondisi sekolah saat ini sedang dalam masa renovasi total, sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dialihkan dan dilaksanakan di SDN 2 Mempawah Hilir dan SDN 8 Mempawah Hilir di jalan Raden Kusno, Mempawah. Hubungan antara guru dan siswa/i terjalin dengan baik pula. Siswa/i sudah tergolong aktif dalam proses pembelajaran, hal ini bisa terlihat dari keaktifan mereka melakukan tanya jawab dikelas saat proses belajar mengajar berlangsung.
Pada saat kegiatan PPL ini berlangsung, tanggapan guru dan siswa/i terhadap mahasiswa/i PPL juga baik. Meskipun terdapat berbagai hambatan selama kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan tetap saja kegiatan PPL dapat berjalan dengan baik . Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami khususnya, dengan kegiatan ini penulis banyak memperoleh pengalaman, kemampuan dasar mengajar dikelas secara nyata sebagai bekal untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dimasa yang akan datang.
Berdasarkan hasil observasi dan praktek pengalaman lapangan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Mempawah Hilir dapat disimpulkan bahwa:
1.    Secara keseluruhan pengelolaan administrasi disekolah sudah baik jika dilihat dari berbagai aspek diantaranya pembagian tugas mengajar, mengelola keuangan, mengembangkan proses pendidikan dengan penuh tanggungjawab dan penuh kesadaran.
2.    Relasi yang terjalin antar mahasiswa praktikan, mahasiswa dengan Kepala Sekolah, guru-guru serta personil sekolah lainnya serta mahasiswa praktikan dengan siswa-siswi sekolah PPL cukup baik.
3.    SMP N 1 Mempawah Hilir memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
4.    Penerapan disiplin yang dilakukan oleh dewan guru cukup baik, hanya saja kesadaran siswa-siswi sangat kurang dalam hal ini.

Dari kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, berikut adalah saran yang dapat kami berikan :
1.    Perlu adanya peningkatan pengawasan terhadap keberadaan siswa sewaktu jam belajar, ketika tidak ada guru dan pergantian jam agar siswa tidak kekantin.
2.    Fasilitas penunjang proses pembelajaran terus diperhatikan agar mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih maksimal sesuai dengan visi dan misi SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.
3.    Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) sebaiknya lebih ditingkatkan lagi kegiatannya, agar siswa/i terlatih untuk mengeluarkan pendapat guna membentuk karakter kritis dan analitis pada siswa.
4.    Dosen pembimbing diharapkan untuk sering berkoordinasi dengan pihak sekolah khususnya guru pamong dan kepala sekolah agar memperoleh gambaran yang lengkap mengenai kondisi real dan dapat mengetahui kondisi mahasiswa asuhannya, yang terjadi dilapangan.

Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment